Masjid Agung Baitul Ala Aceh akan Bertaburi Hiasan Batu Giok

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Propinsi Aceh, sekarang mempersiapkan 7.000 mtr. persegi batu Giok untuk dipasang pada beberapa bagian bangunan Masjid Agung Baitul ‘Ala, Kompleks Perkantoran Senang Makmue, yang akan jadikan jadi ”Masjid Giok” di kabupaten itu.

“Kita harap nanti Masjid Giok ini jadi satu diantara kebanggaan warga di Nagan Raya serta terutamanya di Propinsi Aceh,” kata Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham pada Di antara, Kamis (13/6) di Senang Makmue.

Menurut dia, ada beberapa macam batu alam yang akan diletakkan di masjid itu, salah satunya giok type black jade akan dipasang dibagian tangga, setelah itu Giok Nefrite serta type giok lain akan dipasang dibagian dalam lantai dan di beberapa bagian bangunan yang lain.

Ia membidik pemasangan batu alam itu akan diawali pada Oktober 2019 akan datang, serta diinginkan pada 2020 nanti dapat dipakai untuk warga umum, jadi fasilitas beribadah dan beberapa pekerjaan keagamaan yang lain.

Artikel Terkait : harga batu alam per meter

Ia menerangkan, sekarang ini pemda sedang menanti proses perakitan alat pemasangan batu alam yang spesial dihadirkan dari Bandung, Jawa Barat. Mengingat proses pemisahan batu alam yang ada di lokasi pegunungan Nagan Raya, Aceh, memerlukan mesin yang kuat, sebab kualitas batu alam yang akan dibelah itu mempunyai kualitas yang begitu baik.

Menurutnya, semua batu alam yang diambil di lokasi rimba produksi di Desa Krueng Isep, Kecamatan Beutong, itu semuanya diproses di Desa Blang Sapek, Kecamatan Senang Makmue.

Ia pastikan dalam pemisahan batu alam itu pun tidak memakai dana wilayah, namun dikerjakan kerja sama investasi. Semua pekerja serta perlengkapan pengerjaan serta alat iris batu dihadirkan dari Jawa. Ini dikerjakan untuk mengirit ongkos produksi serta mengoptimalkan pengerjaan bahan basic lantai yang akan dipasang di masjid agung ditempat.

“Jika dahulu batu gioknya dibawa ke Jawa Timur serta sesudah diproses dikirim ke Aceh. Itu tidak efisien serta boros. Kita saat ini ingin efektif, cepat serta pas,” kata Bupati HM Jamin Idham.

Leave a comment